Membaca Membaca Membaca

    Share
    avatar
    endro
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 151
    Age : 28
    Home : Jogja Dugem
    Registration date : 2008-09-24

    Character sheet
    Coba:
    1/1  (1/1)

    Membaca Membaca Membaca

    Post by endro on Thu Nov 27, 2008 7:18 am

    Membaca?? Membaca???
    kata-kata tersebut seringkali dilontarkan pak sumbo dalam setiap kesempatan mata kuliah tinjauan desain..
    kenapa harus membaca??? Kenapa kita malas membaca??
    ada yang bisa menjawab pertanyaan itu??
    ..
    mungkin sekedar pertanyaan aja..
    APA yang telah kita baca hari ini?
    Banyak dari kita mungkin merasa enggan untuk membuka lembaran demi lembaran buku. Entah karena apa, kita sepertinya tidak memiliki semangat untuk melahap bahan-bahan bacaan. Kerap kali kita membaca hanya sekilas lalu alias tak merampungkan bacaan sampai selesai. Membaca awal paragraf dalam buku lalu beralih ke aktivitas lain. Kita malas membaca paragraf berikutnya ataupun menuntaskan bab demi bab.

    Diakui atau tidak, banyak orang pintar dan cerdas disebabkan dari rajin membaca. Membaca juga bisa membuat orang lebih dewasa. Dewasa di sini artinya memiliki pola pikir yang tidak lagi kekanak-kanakan. Dengan membaca, orang bisa memandang setiap permasalahan hidup bukan sebagai beban, namun tantangan yang harus diselesaikan. Permasalahan dalam kehidupan tidak dipandang hanya dari satu sisi, tetapi dari berbagai sisi. Orang yang memandang permasalahan hidup dari berbagai sisi biasanya lebih bijaksana dan arif dalam menjalani kehidupan.

    Membaca itu penting.
    Pentingnya membaca ini harus kita sadari sehingga memupuk semangat kita melahap bahan-bahan bacaan. Kebiasaan membaca masyarakat Jepang bisa kita contoh dan teladani. Masyarakat Jepang boleh dibilang tak pernah sedetik pun tidak membaca. Saat menunggu bus di halte, mereka membaca. Saat antre di loket pun mereka membaca. Saat menunggu guru di kelas, mereka juga membaca. Hampir di mana-mana, masyarakat Jepang tidak pernah lepas dari bahan-bahan bacaan. Coba bandingkan dengan masyarakat Indonesia. Amat berbeda bukan?

    Masyarakat Indonesia lebih senang ngerumpi dan berbudaya lisan. Lebih banyak ngelamun-nya ketimbang melakukan aktivitas membaca. Hal tersebut bisa kita saksikan dari perilaku kita sendiri. Saat menunggu bus di halte atau berganti jam pelajaran di sekolah biasanya kita hanya melongo atau paling tidak bercanda dan ngerumpi dengan teman-teman. Padahal, lima menit membaca saat menunggu bus bisa menambah wawasan pengetahuan kita. Wawasan dan pengetahuan kita semakin meningkat meskipun hanya membaca satu halaman ketika menunggu guru di kelas.

    Apa manfaat membaca?
    Di awal sudah diutarakan beberapa manfaat membaca. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Kini yang perlu kita lakukan adalah membangun motivasi membaca (motivation to read) terlebih dahulu. Motivasi internal atau motivasi yang berasal dari dalam diri kita sendiri lebih utama. Kita juga bisa membaca riwayat hidup biografi tokoh-tokoh nasional dan internasional untuk memotivasi diri kita. Coba simak aktivitas intelektual yang mereka lakukan. Hampir semua tokoh menyukai aktivitas membaca dan seakan-akan tak bisa hidup tanpa membaca.

    Setelah kita benar-benar termotivasi, maka kita perlu membuat target membaca. Buku apa yang harus dibaca hari ini? Berapa buku yang harus dibaca dalam rentang waktu seminggu? Target membaca yang kita buat dengan sendirinya akan memantapkan motivasi kita. Dengan menetapkan target membaca, maka kita berusaha membentuk kebiasaan membaca. Harus ada komitmen kuat dalam diri kita untuk mematuhi target membaca yang telah kita canangkan. Kita juga bisa menyuruh orang tua kita untuk mengontrol aktivitas membaca kita.

    Membaca adalah perilaku positif. Perilaku yang harus diawali dengan pembiasaan (conditioning) sebelum akhirnya mendarah daging dalam keseharian kita. Ketika aktivitas membaca sudah menjadi kebiasaan, maka aktivitas membaca pun terus kita lakukan tanpa harus dipaksa dan diminta oleh guru atau tuntutan ujian sekolah.

    Apakah membaca harus berupa buku? Membaca tidak harus berupa buku. Banyak bahan bacaan yang bisa kita baca, misalnya surat kabar. Membaca surat kabar juga penting bagi kita karena kita bisa terus mengikuti perkembangan-perkembangan aktual, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Kita akan mengetahui berita-berita aktual apa yang lagi hangat setiap harinya dengan membaca surat kabar. Kita bisa mengetahui perkembangan kasus lumpur panas di Sidoarjo, Jawa timur. Sepak terjang pemerintah SBY-JK pun bisa kita ketahui lewat membaca surat kabar. Lho, apakah kita perlu mengetahui perkembangan-perkembangan nasional? Ya, perlu, bahkan harus. Bukankah kita adalah calon-calon pemimpin bangsa yang kelak menduduki posisi kepemimpinan di negeri Indonesia ini? Kita perlu ”membaca” Indonesia melalui surat kabar agar dapat mengambil pelajaran dan pengalaman berharga. Harapannya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang. Bukankah begitu?

    Nah, saatnya kita untuk membaca. Membaca apa pun. Selamat membaca.


    ini adalah cuplikan yang saya ambil dari blog resmi pak sumbo ..
    dalam tag testi ada alumni msd angkatan 03 bernama mas sigit mengatakan bahwa i
    kenyataan yang ada para desainer muda sekarang ini jarang yang menpelajari semiotika (tinjaun desain) secara mendalam. sehingga walaupun karya bagus secara visual tekniknya tapi kadang tidak mempunyai kekuatan makna didalamnya.

    referensi : http://www.kabarindonesia.com/, http://sumbo.wordpress.com/about/


    _________________
    avatar
    gin2
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 156
    Age : 28
    Home : jogja
    Registration date : 2008-09-30

    Character sheet
    Coba:
    0/0  (0/0)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by gin2 on Thu Nov 27, 2008 7:51 am

    aq baca tulisan mu kok apik tenan
    aq sempet ngak percaya...
    ternyata kamu berbakat....
    lha kok d bawah nya ada link nya pak sumbo

    wahhh ternyata copy paste
    wakakakkakakak
    chanda
    avatar
    dheta ehtmaerd
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 85
    Age : 30
    Home : kost sweet kost
    Registration date : 2008-10-06

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by dheta ehtmaerd on Thu Nov 27, 2008 9:03 am

    copy paste teknologi is better than paste copy...opolah
    avatar
    endro
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 151
    Age : 28
    Home : Jogja Dugem
    Registration date : 2008-09-24

    Character sheet
    Coba:
    1/1  (1/1)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by endro on Thu Nov 27, 2008 4:38 pm

    sebenere mau aku tulis ulang.. tapi aku takut malah beda penafsiran.. yaudah aq COPAS aja.. biar masih alami .. wekekeke.. tar deh kapan2 tak coba bikin tulisan sendiri..


    _________________
    avatar
    ann ash
    Member
    Member

    Number of posts : 42
    Age : 28
    Home : Jogja
    Registration date : 2008-10-23

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by ann ash on Mon Dec 01, 2008 4:50 pm

    Membaca???? aduh pusying... py ki??? moco-moco..
    avatar
    gin2
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 156
    Age : 28
    Home : jogja
    Registration date : 2008-09-30

    Character sheet
    Coba:
    0/0  (0/0)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by gin2 on Mon Dec 01, 2008 6:45 pm

    siiiipppp
    nampaknya forum kita dagh mulai banyak pengunjung...
    biasa nya kalo banyak yang dateng pasti ada yang jualan kelontong kan...?
    yawdah aq aja yang jualan ya...

    gin2 :kaos kaki kaos kaki ne bu.....
    mas kaos kaki mau mas....
    10.000 rb 3
    mau mas..?

    anash :udah mas makasih udah kenyang..

    gin2 :kalo tambal panci udah punya mas.....

    anash :huusss ra sopan neng forum malah dodolan

    gin2 :tahu sumedang mas...?

    endro :hoooiii!!!!! bayar....
    dodolan neng forum sak penake wae
    kene ono PPN ne

    brith :santai wae ndro.....
    glow cuman cari muka aja biar dya di bilang lucu

    gin2 :hehehehehehehe tau aja brith
    avatar
    ann ash
    Member
    Member

    Number of posts : 42
    Age : 28
    Home : Jogja
    Registration date : 2008-10-23

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by ann ash on Sat Dec 13, 2008 11:43 pm

    HEH KALO NGLICU TUH DI TOPIK LUCU-LUCUAN TAUK!!!!
    Ra Reti
    avatar
    endro
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 151
    Age : 28
    Home : Jogja Dugem
    Registration date : 2008-09-24

    Character sheet
    Coba:
    1/1  (1/1)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by endro on Sun Dec 14, 2008 5:12 am

    iya bener tuh kata sobat kita anas..
    angry2
    jangan OUT OFF TOPIK trus koe GIN..!!!
    Back to Topik yuu..
    ...


    _________________
    avatar
    gin2
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 156
    Age : 28
    Home : jogja
    Registration date : 2008-09-30

    Character sheet
    Coba:
    0/0  (0/0)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by gin2 on Sun Dec 14, 2008 5:16 am

    iyo aq sengg salah...
    hiks.....
    yowish kembali ke laptop....

    Nangis
    avatar
    endro
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 151
    Age : 28
    Home : Jogja Dugem
    Registration date : 2008-09-24

    Character sheet
    Coba:
    1/1  (1/1)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by endro on Sun Dec 14, 2008 5:25 am

    tangisanmu tak berarti buatkua..
    wekkk..
    hhahaa
    gpp gin..
    yang penting jgn suka melihara kebiasaan seperti itu..
    kasian yang bikin topik.. udah susah2 nyari topik malah kita seenake dewe..
    yaudah sekarang gimana pendapatmu tentang membaca??
    udah baca apa hari ini??


    _________________
    avatar
    dheta ehtmaerd
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 85
    Age : 30
    Home : kost sweet kost
    Registration date : 2008-10-06

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by dheta ehtmaerd on Fri Jan 02, 2009 4:34 am

    di forum ini kita diwajibkan untuk membaca... secara otomatis tulisan2 kita ini bisa menjadi suatu mahakarya jika kita bukukan setiap tahunnya...kaya novel/buku cerita gitu...kan asik tu...
    sapa mau menjalankan ide ini???
    avatar
    endro
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 151
    Age : 28
    Home : Jogja Dugem
    Registration date : 2008-09-24

    Character sheet
    Coba:
    1/1  (1/1)

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by endro on Sat Jan 03, 2009 5:44 am

    hahaha.. bener jg tu deth..
    secara gag langsung kalo kita aktif diforum kita ini berarti kita uda biasain diri bwat baca..
    oke.. tp kalo soal novel..??
    uhm.. bisa juga tapi tar judulnya apa??
    hehehe angan2x seorang dkv-er!!! hahaha


    _________________
    avatar
    dheta ehtmaerd
    Admin
    Admin

    Male
    Number of posts : 85
    Age : 30
    Home : kost sweet kost
    Registration date : 2008-10-06

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by dheta ehtmaerd on Sun Feb 08, 2009 6:46 pm

    judul novelnya ViCiDi
    (DeKaVe kalo di translit ke bahasa ingris kan jadi ViCiDi...
    desain komunikasi visual - visual communication design)
    angry2
    lets get lost brow

    Sponsored content

    Re: Membaca Membaca Membaca

    Post by Sponsored content


      Current date/time is Tue Jul 25, 2017 9:45 am